Minggu, 05 Februari 2012

cuplikan Hakikat Ilmu Ekonomi


Cuplikan Hakikat Ilmu Ekonomi
                Seperti telah di jelaskan bahwa manusia primitif memiliki kebutuhan yang sangat terbatas dalam kebutuhan pokok, sndang, pangan, dan papan. Mereka hidup bergerombol dan saling memenuhi kebutuhan mereka sendiri dengan mengusahakan  areal tanah yang mereka miliki. Akan tetapi, setelah transportasi dan komunikasi berkembang, ruang lingkup ebutuhan kebutuhan manusia semain bertambah luas. Mereka mulai berhubungan dengan dunia luar dan mulai muncul keinginan akan kebutuhan lain. Barang barang yang mereka butuhkan tidak selalu tersedia dalam jumlah mencukupi. Adanya kebutuhan yang terbatas , di hadapkan dengan alat pemuas kebutuan yang terbatas, menjadi masalah pokok dalam ilmu ekonomi. Hal ini merupakn tantangan bagi kehidupan manusia, dan mendorong mereka untuk mengembangkan segala daya dan potensi yang mereka miliki. Bagaiman memcahakan masalah ini, dengan mendayagunakan segala sumber, untuk memuaskan kebutuhan yang tidak terbatas itu. Termasuk bidang penelaahan ilmu ekonomi. Jadi ilmu ekonomi ialah ilmu yang mempelajari cara masyarakat mengalokasikan sumber sumber yang terbatas  untuk keperluan produksi dan distribusi barang dan jasa  ( Ecomics is a study of the ways and means by which a society allocates its limitid resources in the production and distribution of goods and servicer,  Musseiman and Hughes h. 19).
                William F. Schoell (1993) juga mengatakan : Ekonomic is the study of how piople and a society shooce to use scarce resources to satisfy people’s unlimitid wants.
                Studi ekonomi juga termasuk mengana lisa kegiatan orsng dslsm hubungan dengan memproduksi , menabung dan membelanjakan uangnya. Kemudian masyarakat mengembangkan sistem ekonomi agar dapat mengatur keseimbangan antara sumber daya alam dan sumberdaya manusia.

1 komentar:

Rafi muhammad mengatakan...

thanks banget gan

sangat bermanfaat

Posting Komentar

Loading

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management