Minggu, 04 Maret 2012

PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA
INSED G3M DISTRO & FITNESS CENTER
( GREEN 3 MANAJEMENT )

Pemohon :




( logo )















Rancangan Perusahaan

Nama Perusahaan :
Perusahaan ini akan bernama INSED G3M Distro & Fitness Center Kependekan dari
GREEN 3 MANAJEMENT.

Alamat Perusahaan :
Kantor dan lokasi pemasaran INSED G3M Distro & Fitness Center akan bertempat di Jl.Sunan drajat, Lamongan.

Latar Belakang Perusahaan

            Perusahaan Bisnis Distro ini Berdiri atas kerjasama serta keinginan tiga anak muda
yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang Olahraga, karena sering bertemu dalam berbagai forum di bidang kesehatan dan olahraga serta kepedulian
terhadap kesehatan tubuh manusia, tiga generasi muda ini mencetuskan INSED G3M
berdiri atas dasar keinginan yang sama dalam fashion dan olahraga di Lamongan, kota yang memiliki tingkat pendidikan dan masakan soto ayamnya dari pada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kesehatan tubuh serta berbagian kebututan fahsion olahraga dalam manangani kebutugan peralatan olahraga yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
INSED G3M didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam olahraga
untuk menciptakan manusia dan lingkungan yang sehat, juga mengadakan event-event
di bidang olahraga baik itu fitness, erobik, dan lainnya, serta tidak ketinggalan pula
event fashion dan perlengkapan olahraga yang mendukungnya. Pergantian manajemen
diharapkan dapat memberi akselerasi terhadap perkembangan usaha yang telah dirintis
sebelumnya untuk memanfaatkan segala infrastruktur yang sudah ada.

Alasan pentingnya Pendirian Green 3 Manajemen Insed :
Pengelolaan yang lebih profesional Etos kerjasama yang lebih baik dan kebih secara sportifitas dan  kejujuran.

Ø  Fleksibilitas dalam menjalin kerjasama dengan instansi lain
Ø  Perawatan aset yang lebih baik
Ø  Profitable
Ø  Cakupan bidang usaha lebih luas
Ø  Setiap event yang diadakan INSED G3M akan meningkatkan minat generasi
            muda dalam bidang kesehatan serta serta Citra budaya sehat di Lamongan.

Memberikan dukungan terhadap kemajuan dalam bidang kesehatan dan fashion Olahraga di Lamongan. Berdirinya perusahaan ini juga memiliki manfaat sosial bagi masyarakat sekitar diantaranya:
Ø  Memperkenalkan budaya hidup sehat bagi warga sekitar sehingga dapat
mengurangi resiko terkena penyakit.
Ø  Perusahaan ini juga menganggarkan biaya untuk penghijauan daerah sekitar.
Ø  Membantu para desainer serta penjahit dalam menyalurkan kreativitasnya dalam
desain pakaian olahraga.
Ø  Menyediakan tempat Fitnes dan aerobic bagi mahasiswa dan masyarakat guna
mendukung terciptanya generasi yang sehat.

Visi dan Misi Perusahaan :

Visi :   “Lamongan Health Generasion”
Misi :   Menciptakan Masyarakat peduli kesehatan serta kebersihan lingkungannya.
Ø  Pilot project manajemen 3 Green Insed Distro & Fitness Center.
Ø  Sosialisasi dan aplikasi hidup sehat kepada masyarakat.

Logo Perusahaan dan Motto
Diskripsi logo :
Ø  Terdiri dari tiga komponen utama : Huruf “G serta M”, dan Gambar angka 3.
Ø  Huruf “G” merupakan inisial dari GREEN 3 MANAJEMENT. Simbol “G” ini diukir membentuk simbol memutar dan berwarna hijau yang memiliki makna bahwa perusahaan distro ini juga bekomitmen menciptakan generasi yang sehat dan mendukung proses daur ulang untuk produknya.
Ø  Lambang angka 3, menunjukkan keterkaitan dengan tiga generasi muda pendirinya.
Ø  Warna dasar yang digunakan yakni hijau dan biru yang memiliki kedekatan dengan unsur lingkungan.
Ø  Moto : Heath generation, Heath Lamongan, green planet!

Bidang Usaha
INSED G3M merupakan badan usaha yang bergerak di bidang jasa dan pemarasaran
barang kebutuhan olahraga dengan mengedepankan manajemen terpadu, serta berorientasi teknologi lingkungan. Beberapa usaha yang ingin kembangkan juga meliputi :
Ø  Usaha jasa pengelolaan café sehat.
Ø  Usaha produksi barang daur ulang.
Ø  Fasilitas sauna, Futsal dan Hotspot.

Manajemen
Komponen organisasional yang akan diterapkan adalah :
Ø  Satu orang Direktur Utama,
bertanggung jawab atas kelancaran keseluruhan proses produksi dan pemasaran, menciptakan sistem produksi dan pemasaran, melakukan negosiasi bisnis, mencari investor, dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan perusahaan dengan dibantu oleh para manajernya. Pimpinan produksi mendapatkan gaji tetap sebesar Rp. 2.000.000,- perbulan.

Ø  Dua orang Administrasi dan Keuangan, bertanggung jawab mencatat transaksi
dan dokumentasi, serta melakukan analisis keuangan. Administrasi & Keuangan mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Ø  Satu orang Manajer Distro & tempat Fitnes,
bertanggung jawab atas kelancaran pengelolaan serta koordinasi karyawan dan perawatan aset. Manajer Distro dan tempat Fitnes mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.




Ø  Satu orang Manajer Pemasaran,
bertanggung jawab dalam kelancaran distribusi barang, perluasan pasar,
merumuskan sistem pasar, menangani masalah perijinan, dan mampu menangani segala keluhan pelanggan. Manajer pemasaran mendapatkan bayaran sebesar Rp. 1.500.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Tim Pendukung, terdiri dari :

Ø  Dua Belas orang Karyawan,
merupakan pekerja yang sesuai dengan alokasikaryawan : 2 Satpam guna menjaga keamanan dan ketertiban, 3 orang Office Boy menjaga kebersihan dan kenyamanan distro dan tempat fitnes, 2 orang Pelatih Fitnes, dan 8 orang karyawan distro guna melayani konsumen. Pembagian kerjaakan dirotasi untuk tiap karyawan dibawah koordinasi manajer Distro & tempat Fitnes. Karyawan dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa kerja 25 hari.

Ø  Tiga orang Sopir,
merupakan pekerja yang bertugas mengemudikan kendaraan pengangkutan barang dan bertanggung jawab terhadap perawatan kendaraan. Sopir dibayar Rp. 40.000,- per hari atau Rp. 1.000.000,- per bulan dengan masa
kerja 25 hari.

Total kebutuhan dana operasional untuk gaji karyawan adalah sebesar Rp. 21.500.000,- per bulan.


Deskripsi Produk Barang dan Jasa

1. Jasa Pengelolaan Tempat Fitness dan Distro Deskripsi
Saat ini, kebutuhan akan hidup sehat merupakan polemik tersendiri bagi masyarakat
Indonesia khususnya Lamongan, hidup sehat menjadi suatu hal yang sangat  susah bagi sebagian masyarakat Lamongan karena minimnya sarana tempat olahraga terbuka yang mendukung akan kebutuhan berolahraga yang baik, walaupun banyaknya berjamuran tempat  tempat fitnes di kota pelajar ini tetapi masih di anggap sebagai sarana tempat olahraga yang mahal meskipun banyak tempat fitness yang sudah memilikiperalatan yang komplit serta
nawarkan harga miring/paketan bagi masyarakat agar semua kalanggan dapat menikmatinya, ditambah lagi makin padatnya waktu kegiatan masyarakat untuk meluangkan waktu untuk berolahraga.
Ditambah juga masih minimnya penjualan sarana pendukungnya seperti, baju, celana sampai sepatu dan perlengkapan olah raga yang berkualitas baik namun memiliki harga yang terjangkau bagi masyarakat umum. Terlebih lagi masalah akan kebutuhan masyarakat ini tidak tertangani seluruhnya oleh lembaga pemuda dan olahraga serta dinas-dinas terkait di wilayah pemerintahan Kabupaten Lamongan, kurangnya fasilitas pendukung dan event-event mengenai olahraga seperti senam aerobic massal, lomba gerak jalan bagi masyarakat setiap akhir pekan juga memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai pentingnya berolahraga serta hidup sehat, karena dengan berolahraga kita juga dapat mempertahankan kondisi tubuh yang baik serta menciptakan jiwa yang jernih, dengan berolahraga kita juga melatih denyut
jantung lebih baik sehingga juga dapat mengurangi resiko terkana serangan jantung, stroke, diabetes dan lainnya dalam kehidupan masyarakat. Di sinilah bisnis ini dimulai. Dengan manajemen yang baik, permasalahan akan kebutuhan masyarakat akan hak memperoleh kebutuhan dan sarana kesehatan dapat dikurangi serta member nilai ekonomisnya bagi pengelolanya. Target yang tepat untuk usaha distro olahraga dan fitness adalah masyarakat yang memiliki kepedulian dan kemauan untuk memperoleh kesehatan tubuhnya melalui olahraga rutin, Pendapatan dapat diperoleh dari hasil penjualan perlengkapan olahraga pada
distro dan pendapatan rutin dari hasil kegiatan penyewaan fasilitas alat - alat fitness,
serta penyewaan tempat aerobic.

Manfaat produk dan Jasa
Ø  Menanggulangi masalah bagi masyarakat pecinta olahraga untuk memdapatkan
perlengkapan yang berkualitas baik dengan harga terjangkau.
Ø  Meningkatkan kebutuhan masyarakat akan perlengkapan olahraga dan lingkungan.
Ø  Mengurangi kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga yang memadai.

Rencana harga
Harga yang kami tawarkan mengacu pada standar kualitas barang yang ditawarkan,
yaitu sebesar :

Jenis Barang
Penawaran harga per Unit
Baju Olahraga Pria
Rp. 40.000 – Rp. 120.000
Celana Olahraga Pria
Rp. 25.000 – Rp. 100.000
Baju Olahraga Perempuan
Rp. 40.000 – Rp. 140.000
Sepatu Olahraga
Rp. 180.000
Asesoris Perlengkapan Olahraga
Rp 10.000 – Rp. 80.000

Penawaran / Pesaing
Belum ada kompetitor yang memiliki Fasilitas yang memadai dan lengkap disekitar
lokasi dan juga distro yang menawarkan kebutuhan akan perlengkapan olahraga yang berkualitas baik. Distro – distro disekitar lokasi kami anggap bukan kompetitor karena manawarkan produk barang yang berbeda manfaatnya, kelebihan produk kami adalah: kualitas barang yang baik, setiap produk dibuat dengan daya seni yang menarik bagi konsumen, menawarkan harga diskon setiap bulannya, pelayanan konsumen yang dapat diandalkan serta lokasi dikelola dengan ramah lingkugan dan nyaman.

Strategi dan Proyeksi Pemasaran

Strategi Pemasaran
Ø  Sebelum menajalankan dan mengelola perusahaan setidaknya mendapatkan
informasi akan kebutuhan masyarakat akan fasilitas olahraga dan kebutuhan akan perlengkapannya.
Ø  Mensosialisasikan pentingnya budaya sehat bagi masyarakat, memberikan harga
diskon dan jaminan kualitas barang.
Ø  Memberikan tawaran paket hemat untuk penyewaan tempat fitness dan aerobik.
Ø  Mengadakan lomba berteman “Body Muscle” bagi para pelanggan fitness.
Ø  Mengikuti serta menseponsori pameran-pameran olahraga.
Ø  Mengadakan event – event untuk menarik minat masyarakat untuk hidup sehat dan
pentingnya berolahraga.




Proyeksi Pemasaran
Proyeksi pemasaran kami susun berdasarkan informasi yang akurat, sehingga proyeksi yang dicantumkan merupakan target yang rasional untuk dicapai pengelola.

Rencana Operasional Distro dan Fitness Lokasi
Pengelolaan tempat akan dilakukan di jalan Kaliurang Km 5 bekas lokasi rumah makan Ananda Yogyakarta. Dengan Luas bangunan yang dibutuhkan ±250 m2 berdiri di
atas lahan seluas ±300 m2. Dengan insfrastruktur yang ada, dan juga memiliki kapasitas parkir yang luas guna mendukun pengembangan perusahaan untuk menambah fasilitas jasa café sehat.

Fasilitas
Sebagian besar fasilitas yang diperlukan untuk operasional INSED G3M Distro dan
Fitness Center. Adapun fasilitas diperlukan untuk menunjang kegiatan INSED G3M adalah sebagai berikut :
Ø  Peralatan Fitnes, 4 unit Cardion serta 7 unit berbagai alat fitness.
Ø  Kendaraan transportasi distribusi barang.
Ø  6 set sofa panjang.
Ø  1 unit ganset, kapasitas 1200 watt
Ø  8 unit AC, 4 PK.
Ø  Seragam Karyawan (Baju, dan celana, sepatu boot).
Ø  3 buah Lokker besar.
Ø  2 unit komputer

Proyeksi Finansial
Laba dihitung dari selisih omset satu tahun dikurangi biaya produksi selama setahun.
Profit investasi didapatkan dari laba dikurangi laba ditahan (20% dari laba), yang
meliputi: penelitian dan pengembangan usaha (10%) dan bonus karyawan (10%).
“Worst Case Scenar io”  Worst Case Scenario yang diperkirakan ada 2 kemungkinan,
Yaitu :

Kondisi penjualan minimum
Apabila proyeksi penjualan tidak sesuai dengan perencanaan/ target, maka kondisi
penjualan minimum yang harus diupayakan sehingga biaya produksi tertutupi. Proyeksi penjualan Worst Case Scenario senilai 50 % dari proyeksi awal. Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi penjualan terburuk adalah: Melakukan penyesuaian anggaran terhadap biaya operasional sesuai dengan kondisi penjualan. Biaya operasional bulanan, sehingga biaya operasional dapat tertutupi oleh total penjualan. Agresif marketing: secara aktif meningkatkan penjualan jasa pengelolaan dan promosi ke kawasan komersil (setingkat mall atau perumahan).

Over Order
Over Order terjadi apabila input permintaan barang melebihi daya tampung perusahaan akibat produksi penjahit dan desainer yang terhambat. Kondisi ini tentu saja akan sangant menguntungkan bagi perusahaan, namun disisi lain dapat merugikan apabila tidak ditangani dengan baik akan mengakibatkan menurunnya kepercayaan konsumen. Strategi yang akan dilakukan untuk keluar dari kondisi ini adalah: Memberikan diskon besar kepada penjahit model dan desainer, sehingga produk terserap sebanyak-banyaknya. Melakukan pembelian sekala besar kepada supplyer guna memenuhi kebutuhan permintaan/konsumen yang meningkat. Melakukan outsourcing supplyer, sehingga barang yang masuk langsung
dipilah dan dikirimkan ke penampung/gudang hari itu juga., sehingga diharapkan volumenya meningkat 50%.

Pendanaan dan Kerjasama
Total modal awal yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah Rp.710.400.000,- yang berupa investasi tunai sebesar Rp. 150.000.000,- dan aset INSED G3M Distro & Fitness Center sebesar Rp. 860.400.000,-. Kami mengharapkan dana tersebut diperoleh dari :
Lembaga Peduli Kesehatan Para Investor yang mendukung Budaya Hidup Sehat bagi masyarakat. Pemilik aset Perusahaan Produk Minuman dan Makanan untuk kesehatan
Sumber Pendanaan yang lain. Bagi investor, profit sharing dibagi dari profit investasi (80 % dari laba bersih). Dari keuntungan tersebut, ditentukan persentase bagi hasil untuk pihak manajemen dan investor. Jika terdapat lebih dari satu investor, maka persentase bagi hasil
Untuk investor ditentukan berdasarkan modal yang diberikan relatif terhadap total kebutuhan
investasi.


Penutup

Demikian proposal ini kami susun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
Dokumen dalam proposal disusun bagi lembaga – lembaga kesehatan dan olahraga untuk membangun dan menciptakan budaya hidup sehat bagi masyarakat yang kami maksudkan untuk menerima proposal ini. Kami harapkan kerjasama ini bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap dunia Olahraga lebih dalam. Sehingga dapat membangun manusia yang sehat dan bugar. Diharapkan permasalahan dalam memfasilitas kebutuhan sarana dan perlengkapan olahraga bagi bagi masyarakat Lamongan dapat teratasi dengan pembagunan
Distro dan Fitnes Center ini. Untuk itu kami mohon bantuan dari pihak yang berwenang agar pendirian INSED G3M Distro & Fitness Center dapat terlaksana dengan baik
.Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Lamongan, 15 Desember 2008


Tim Penggagas
INSED G3M Distro & Fitness Center

1. Metode periode pengembalian (payback period)
Metode ini menilai proyek investasi dengan dasar lamanya. Investasi tersebut dapat tertutup dengan aliran-aliran kas masuk. Metode ini tidak memasukkan faktor bunga kedalam perhitungannya.
2. Metode pengembalian investasi (return on investment)
Metode pengembalian investasi digunakan untuk mengukur prosentase manfaat
yang dihasilkan oleh proyek dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan.
3. Metode nilai sekarang bersih (net present value)
Metode nilai sekarang bersih merupakan metode yang memperhatikan nilai waktu dari uang.
4. Metode tingkat pengembalian internal (internal rate of return)
 Metode ini hampir sama dengan metode nilai sekarang bersih.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management