Senin, 05 Maret 2012

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan

 (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek 
atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang\
membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). 
Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek
 dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tida
k dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara 
menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
 kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah
 bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari
 peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses)
 yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu 
menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat
 ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanfordpada dasawarsa
 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

0 komentar:

Posting Komentar

Loading

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management